CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Senin, 31 Agustus 2009

Setelah kemarin kita berhasil mebuat account di blogger, dan memiliki blog. Sekarang bagaimana kita mengelola blog tersebut dengan melakukan posting, update, mengatur file dsb. Sebelum lebih jauh kita mengotak atik blog kita maka, terlebih dahulu kita verifikasi alamat email yang telah kita daftarkan, sebagai indikasi bahwa email yang telah kita jadikan account adalah benar email yang kita miliki dan kita gunakan. Setelah memverifikasi email barulah blog tersebut bisa kita explore. Blog memiliki 2 tampilan dasar yaitu layout blog dan tampilan editor, layout blog merupakan tampilan dari blog kita yang nantinya akan dilihat oleh pengunjung blog kita, sedangkan untuk tampilan editor adalah tampilan yang merupakan sisi blog yang akan kita gunakan untuk mengedit, melakuakn posting dan mengelola blog kita. Untuk layout blog, kita bisa buka pada alamat blog yang telah kita daftarkan saat registrasi, sedangkan untuk halaman editor kita bisa membukanya melalui situs blogger.com dan melakukan login. Jadi jika kita mau melakukan proses editing atau pun pengelolaan blog kita harusmasuk ke situs blogger.com dan login dulu disitulah kita melakukan pengelolaan web yang kita miliki.

Saat pertama anda login, pada halaman editor yang pertama kali muncul adalah halaman dasbor (dashboard: bila menggunakan bahasa inggris). Pada halaman ini kita dapat melihat secara sekilas tentang blog kita seperti melihat kiriman terakhir, komentar, dan trackback. Fitur yang disediakan oleh blogger dapat kita akses melalui halaman dasbor. Dasbor juga bisa digunakan untuk mengubah tampilan blog, menghias, mengubah kiriman lama, dan mengelola user blog. Profil dan foto kamu sebagai pemilik blog dapat di isikan pada halaman ini. Untuk melakukan posting baru kamu masuk dan klik tulisan entri baru, kemudian akan masuk halaman postingdan kmu bisa memulai membuat posting baru dengan menulis judul dan isi dari posting yang ingin kamu tampilkan pada blog. Pada halaman posting ada beberapa tab dan menu yang mendukung kita untuk membuat posting, yaitu :

  • Tab edit HTML, tab ini digunakan untuk mengedit bahasa HTML, yaitu bahasa yang merupakan command yang dapat membuat atau merubah tampilan sebuah web.

  • Tab Tulis merupakan tempat untuk mengisikan posting baru yang akan kamu tampilkan pada blogmu.

  • Ada tab edit entri yang merupakan halaman yang digunakan untuk mengedit atau memperbaiki apabila ada kesalahan pada posting yang telah kamu buat.

  • Menu moderasi komentar merupakan pengelolaan atas komentar dengan memoderasi, atau kita dapat melakukan penghapusan jika ada komentar yang tidak ingin ditampilkan dalam blog.

Kemudian setalah itu pada sebelah kiri menu posting ada menu pengaturan, jika anda masuk menu ini selanjutnya akan masuk pada halaman pengaturan blog. Secara standar kamu bisa melakukan pengaturan yang sederhana pada Tab dasar. Disitu ada beberapa item yang dapat kita atur seperti :

  • Judul : judul blog yang akan muncul di headerweb browser, dan akan dijadikan referensi oleh search engine seperti google.

  • Uraian : pada menu uraian bisa kita isikan tentang gambaran singkat tentang blog yang kita miliki.

  • Tambahkan blog anda ke daftar kami : pada item ini kita dapat memilih apakah blogger profil dapat menampilkan blog mu pada daftar mereka atau tidak

  • Biarkan mesin pencari menemukan blog anda : jika kita pilih “ya” maka blog kita akan di tampilkan saat ada orang yang mencari artikel sesuai dengan topic blog kita di search engine.

  • Tampilan editing cepat : untuk mengeit pada tampilan blog dengan short cut ke halaman edit posting.

  • Dan dua item terakhir seperti tampilkan link posting email : untuk mengirim posting dari blog kita ke beberapa orang dan konten dewasa : untuk menampilkan pesan konfirmasi bahwa terdapat muatan dewasa, dan apakah pengunjung ingin tetap melihat blog kita atau tidak.

Kemudian untuk pengaturan arsip dalam blog bisa kita lakukan dengan masuk menu arsip pada halaman pengaturan. Disana kita bisa temukan ada frekuensi arsip dan aktifakan halaman posting. Untuk frekuensi arsip bisa kita atur pengarsipan posting an file pada blog kita di buat dalam bulanan, mingguan, harian, atau tidak di arsipkan. Dan item selanjutnya yaitu aktifkan halaman posting, pada item ini halaman posting pad ablog kita memiliki sebuah alamat URL web yang unik, yang akan memudahkan search engine untuk melihat dan menampilkan posting kita, pilih ya jika kamu ingin mengaktifkan menu tersebut.

Sumber : http://www.tips.sby.rad.net.id

0 komentar: